Rabu, 27 April 2016

SOSIALISASI DAN PROMOSI SBMPTN 2016



Rabu 20 April 2016 Universitas Singaperbangsa Karawang menggadakan sosialisasi dan promosi SBMPTN  yang diselenggarakan oleh pihak Institut Pertanian Bogor(IPB) dengan bekerjasama bersama UNSIKA yang memfokuskan peserta sosialisasi dari pihak SMA,SMK,MA se-Kabupaten Karawang yang diwakili oleh guru BK dan siswa kelas XII.

Pembukaan SBMPTN 2016 dimulai pada tanggal 25 April sampai 20 Mei 2016. Pada kesempatan kali ini UNSIKA masih berada dibawah naungan IPB mengigat UNSIKA terhitung masih baru sebagai universitas negeri di Indonesia. Mengenai mekanisme pembayaran tahun ini memiliki perbedaan yang cukup signifikan dari tahun sebelumnya dimana, pembayaran untuk pendaftaran SBMPTN tahun kemarin biaya operasional tersebut masih mendapatkan subsidi 50% dari pemerintah sedangkan pada tahun 2016 semua biaya operasional dibebankan kepada calon mahasiswa baru.
Persiapan yang dilakukan UNSIKA dalam menyambut SBMPTN sudah mencapai tahap pembagian lokasi ujian yang terbagi menjadi 3 kelompok, dan pada kesempatan ini unsika menjadi lokasi ujian untuk kelompok paket campuran/IPC dan untuk kelompok ujian paket soshum berada diwilayah karawang kota yang tersebar ditujuh sekolah serta untuk kelompok ujian paket saintek mendapatkan lokasi ujian diwilayah Jalan Pangkal Perjuangan.



Bagi siswa yang mengalami kendala dalam biaya dan tergolong keluarga tidak mampu, pemerintah saat ini sudah menyediakan beasiswa bidikmisi dimana biaya keseluruhan ditanggung oleh pemerintah dengan syarat siswa tersebut memenuhi kualifikasi yang telah ditentukan. Jika tidak memenuhi syarat saat ini pihak-pihak lain banyak yang sudah melakukan kerjasama dengan universitas di Indonesia untuk menyediakan beasiswa bagi mahasiswa yang tidak mampu namun berprestasi seperti yang di UNSIKA.
“Calon mahasiswa baru yang tidak lolos dalam beasiswa bidikmisi tidak perlu berkecil hati karena di UNSIKA kita telah bermitra dengan beberapa perusahaan yang memberikan beasiswa bagi mahasiswa kita yang berprestasi dan memenuhi syarat yang telah di tentukan sepert beasiswa dari Toyota, Pemprov. Jabar, dan dari PT.Pindo Deli yang dapat diajukan minimal setelah semester dua atau sudah memiliki IPK,” Tutur Pak Cecep selaku bagian Akademik di UNSIKA.
Acara sosialisasi tersebut mendapat sambutan baik dari berbagai pihak yang menghadirinya.
“Acara ini sangat bagus karena memberikan informasi yang cukup untuk siswa kelas XII karena banyak yang belum mengerti bagaimana mekanisme yang harus di lakukan untuk pendaftaran SBMPTN 2016. Antusiasme siswa untuk masuk PTN cukup tinggi banyak ingin melanjutkan pendidikan nya ke jenjang yang lebih tinggi. Seperti di SMA N 4 Karawang mereka sangat antusias untuk kuliah di PTN salah satu nya di UNSIKA”, Ujar pak Dudi Kurniadi selaku guru BK SMA N 4 serta ketua MGBP Se-Kab. Karawang.


Tingginya minat siswa untuk masuk ke UNSIKA membuat UNSIKA mulai membenahi diri yang di fokuskan kepada pengembangan fasilitas, mekanisme birkrasi keuangan serta dapat menjadi Panlok SBMPTN di tahun mendatang. “Saat ini UNSIKA fokus tidak hanya menjadi sub-panlok melainkan dapat menjadi panlok di tahun mendatang seperti IPB serta perbaikan secara bertahap mengenai birokrasi keuangan yang ada di UNSIKA”, TUTUP Pak Cecep kepada LPM UNSIKA.


Reporter :
Diana, Dina

Editor : Dwiyun Evi Yolanda

0 komentar:

Posting Komentar