Senin, 30 November 2020

Terapkan Teknologi Hasil Penelitian, Dosen FT Unsika Bantu UKM Pengelolaan Ikan Pindang Karawang

          

 


            Tim PKM (Pengabdian Kepada Masyarakat) Unsika Fakultas Teknik  yang diketuai oleh Asep Erik Nugraha, S.T., M.T  melalui program Hipstra LPPM Unsika yang bertema “Peningkatan Kewirausahaan Melalui Teknologi Pengolahan Ikan Pindang Pada Kelompok Usaha Ikan Pindang Di Desa Cicinde Utara, Banyusari, Karawang” ini melakukan pengabdian berupa pelatihan dan pendampingan UKM pengolahan ikan pindang di Desa Cicinde Utara Kabupaten Karawang.

Program yang juga terintegrasi dengan KKN ini dilaksanakan dari bulan September 2020 dan berakhir pada bulan November 2020 ini bertujuan untuk membantu UKM juragan tongkol milik Iwan yang berada di Dusun Peundeuy RT 01 RW 09, Desa Cicinde Utara, Kecamatan Banyusari, Kabupaten Karawang dalam mengatasi permasalahan pada pemrosesan ikan pindang yang selama ini dirasa kurang optimal dalam pelaksanaanya. Rabu, 18 November 2020, penyerahan hibah berupa mesin presto dan vacuum sealer serta pembukuan transaksi jual beli resmi diberikan secara cuma-cuma kepada UKM juragan tongkol milik Iwan. Terkait dengan permasalahan yang dihadapi UKM juragan tongkol, Tim PKM Unsika pada pelaksanaannya pengabdian ini melakukan pendampingan dengan meningkatkan kewirausahaan melalui pelatihan keterampilan teknologi pengolahan ikan pindang, pengemasan dan transaksi penjualan. Hasilnya, UKM juragan tongkol dapat menghasilkan ikan pindang lebih cepat dan higienis.

Asep Erik Nugraha S.T, M.T selaku ketua menjelaskan bahwa hasil penelitian yang dilakukan tersebut akan dipublikasikan kedalam bentuk jurnal, ia juga mengharapkan agar program yang dilaksanakan ini dapat mengedukasi UKM lainnya dalam penerapan manajemen produksi dan manajemen pemasaran yang baik, “Untuk membantu UKM ini diperlukan kerjasama multidisiplin keilmuan dan juga pihak pemerintah maupun program CSR, semoga saja kedepannya kami dapat melakukan penelitian dan pengabdian pada UKM dari proyek CSR maupun pemerintah desa khususnya Bumdes” ujarnnya.

            Dilain pihak, Iwan mengungkapkan rasa terimakasihnya kepada Tim PKM Unsika yang telah membantu UKM Juragan Tongkol dalam menghadapi permasalahan UKM tersebut, “saya merasa senang dengan adanya tim PKM dari Unsika yang datang ke juragan tongkol, dan mendapatkan perhatian dan pendampingan jadi dapat banyak ilmu untuk manajemen usaha dan juga bantuan alat. Saya berharap kedepannya silahturahmi dan pendampingan dari Tim PKM Unsika ini dapat tetap berjalan kedepannya” tuturnya.  (LV) 

0 komentar:

Posting Komentar