Minggu, 22 April 2012

UKM FKDK UNSIKA


Pada tahun 1982 berdiri sebuah Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang diberi nama Universitas Singaperbangsa Karawang (UNSIKA). Pada awal berdirinya UNSIKA Kondisi kampus masih minim dari kegiatan-kegiatan kemahasiswaan, khususnya kegiatan keislaman seperti Ta’lim/Kajian. Tiba pada satu masa (tahun 1998), hadirlah sekelompok mahasiswa yang mempunyai perhatian yang lebih pada dunia keislaman di lingkungan kampus. Mereka senantiasa mengadakan berbagai kegiatan keislaman dalam rangka melakukan pembinaan kepada para Mahasiswa Unsika.



 Berawal dari 3 orang mahasiswa dari fakultas yang sama  yaitu fakultas teknik. Dimana mereka masing-masing aktif pada organisasi ekstra kampus, yaitu PII (Pelajar Islam Indonesia). Dengan bekal pengalaman organisasi mereka tersebut, mereka merasa perlu adanya suatu wadah resmi yang dapat menampung semua kegiatan/aktifitas keislaman di kampus Unsika. Hal ini dirasa perlu untuk kelancaran dan efektifitas kegiatan-kegiatan yang mereka selenggarakan.
Setelah melakukan musyawarah kecil, mereka sepakat untuk membentuk suatu organisasi intra kampus yang bergerak dalam dunia keislaman. Setelah itu, perekrutan anggota pun dilakukan kepada para mahasiswa dari fakultas-fakultas lainnya. Alhamdulillah, ternyata mereka tidak hanya bertiga dalam dunia dakwah. Setelah dilakukan perekrutan anggota, hasilnya cukup banyak mahasiswa yang mendukung dan tidak sedikit yang ikut bergabung. Pada saat itu terkumpul beberapa mahasiswa dari fakultas yang berbeda-beda. Tidak lama kemudian, tepatnya pada tanggal 20 desember 1998 dilaksanakanlah Musyawarah Anggota (MUSA) untuk yang pertama kalinya yang bertempat di Mushola Kampus (pada saat itu belum memiliki nama), yang sekarang disebut Masjid Al-Khoir.
Sehingga disepakati dari semua peserta MUSA ke-I untuk membentuk wadah resmi atau organisasi intra kampus yang diberi nama “Forum Komunikasi Dakwah Kampus” yang disingkat FKDK.
Dengan VISI Misi :
Visi
 Menjadi unsur perubahan menuju terciptanya masyarakat kampus dan sekitarnya yang berpegang teguh  pada nilai – nilai Al-Qur’an dan As-Sunnah 
Misi
1. Mendidik dan membina anggotanya untuk menjadi muslim yang bertaqwa pada Allah SWT .
2.   Membina ukhuwah islamiyah
3.   Menyelenggarakan kegiatan sosial untuk kepentingan islam, khususnya di kampus dan umumnya masyarakat luas
4.   Membina anggota menjadi pribadi yang tangguh dan cakap mengelola arus inforasi global dunia serta mengantisipasi dampak negatifnya yang tidak sesuai.
  Menumbuhkan semangat dan kemampuan anggota untuk menguasai, memamfaatkan serta mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan teknologi bagi kesejahteraan umat manusia(bowo)

 

0 komentar:

Posting Komentar