Selasa, 24 April 2012

UKM TEATER GABUNG UNSIKA





Sekelumit Sejarah Taeter “GABUNG”
Sabtu itu,  12 November, waktu itu engkau pernah berkata : “Akan ku bangun negeri ini dengan ilmu yang telah ku gali!” Demikian petikan bait kata yang terucap oleh kami pada pentas teater FAH UNSIKA pertama kali di kampus Universitas Singaperbangsa Karawang pada tanggal 12 November 1998, yaitu pada acara pelepasan wisudawan-wisudawati Universitas Singaperbangsa Karawang.
Pada tahun 1999 tepatnya di bulan November kembali kami mementaskan teater yang berjudul “Kereta Hati Pak Reno” dalam acara pelantikan Pengurus Senat Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Singaperbangsa Karawang periode 1999-2000, pemain pementasan tersebut tidak hanya dari Fakultas Hukum saja tetapi melibatkan Fakultas Ekonomi juga.
Berangkat dari pengalaman dan pengetahuan serta tekad yang bulat untuk membentuk wadah organisasi yang berkecimpung di dunia seni khususnya teater. Dari hal itu sebagian para aktivis Universitas Singaperbangsa Karawang yang memiliki kepedulian serta jiwa seni berinisiatif berkumpul dan merumuskannya, karena di Fakultas Teknik Universitas Singaperbangsa Karawang pun memiliki kelompok kabaret.
Maka berdirilah Unit Kegiatan Mahasiswa Teater GABUNG” Universitas Singaperbangsa Karawang, yang tepatnya didirikan pada tanggal 11 Februari 2000 dengan pementasan pertamanya adalah “Rawa Gede 1947” dipentaskan pada tanggal 26 Agustus 2000 dalam rangka memeriahkan hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-55. Adapun para pendirinya adalah:
1.      RODO MAYONG NAINGGOLAN (Fakultas Hukum)
2.      NANDANG HERMAWAN (Fakultas Teknik)
3.      ENDANG SUHERMAN (Fakultas Teknik)
4.      SUHENDA (Fakultas Ekonomi)
5.      KUNDORI (Fakultas Ekonomi)
Syukur alhamdulillah TeaterGABUNG” Universitas Singaperbangsa Karawang saat ini sudah dikenal di kampus-kampus se-Jawa Barat, yang dibuktikan dengan bergabung dalam organisasi seni tingkat Jawa Barat yaitu FOKALISMAS (Forum Komunikasi Lingkung Seni Mahasiswa Sunda) yang keanggotaannya juga meliputi Jawa dan Bali. FOKALISMAS yang pertama diadakan di Bandung, yang ke-2 di Cirebon dan yang ke-3 di Bogor dan Teater “GABUNG” pertama kali mentas Topeng Banjet Pendol.
Hingga saat ini Unit Kegiatan Mahasiswa TeaterGABUNG” Universitas Singaperbangsa Karawang telah beranggotakan 150 orang lebih terhitung dari angkatan I sampai angkatan XIII dengan status anggota muda, anggota biasa dan anggota luar biasa. Unit Kegiatan Mahasiswa Teater GABUNG” Universitas Singaperbangsa Karawang yang kini berusia 12 tahun sebagai organisasi di bidang seni berupaya untuk terus menampilkan karya seni dengan mengangkat kisah-kisah yang terjadi khususnya di negeri ini. 
Nama-Nama Ketua Umum Teater “GABUNG”
1.     Mayong (Rodo Nainggolan, SH)
2.     Acung (Mansyur)
3.     Imam
4.     Tulang
5.     Rika
6.     Ariep
7.     Eko Christianto Wiguno, SH
8.     Oci Pirawati
9.     Muhammad Akbar Arafah
Untuk menjadi anggota Teater “GABUNG” harus mengikuti OPST (Orientasi Pengenalan Seni Teater) yang telah berlangsung sejak angkatan ke-3 sampai sekarang. Pada angkatan ke-1 dan ke-2 bernama OPSD (Orentasi Pengenalan Seni Drama). 
Perjuangan pun belum selesai, setelah melewati pase OPST tersebut masih ada uji mental yang harus dilakukan, yaitu tantangan menjadi Orang Gila, Banci, Gembel dan Pengemis. Pengalaman yang menarik dan pastinya sangat sulit untuk dilupakan. Berbagai kejadian yang tidak diduga pun muncul, mulai dari dikira orang gila betulan, mau dipandiin dan diajak nikah, hampir ditangkap kamtib karna dikira banci betulan.
Pementasan-Pementasan yang Pernah di mainkan:
1.     Kereta hati Pak Reno
2.     Seribu Cahaya Lilin
3.     Puing-Puing
4.     Pementasa Rawa Gede
5.     Orang-Orang Seribu Wajah
6.     Musafir
7.     Tokek
8.     Sisit Kadal
9.     Romeo and Juliet
10.  Pinangan
11.  Aku Masih Perawan
12.  Dll
Misi
Misi Unit Kegiatan Mahasiswa Teater “GABUNG” UNIVERSITAS SINGAPERBANGSA KARAWANG adalah untuk melaksanakan keputusan-keputusan rapat anggota yang mengacu kepada Musyawarah Anggota Unit Kegiatan Mahasiswa Teater “GABUNG” UNIVERSITAS SINGAPERBANGSA KARAWANG.
Visi
Visi Unit Kegiatan Mahasiswa Teater “GABUNG” UNIVERSITAS SINGAPERBANGSA KARAWANG adalah Responsif terhadap dinamika sosial yang terjadi di masyarakat pada prinsip Penalaran, Keilmuan, Keprofesionalan, dan menuangkannya kedalam bentuk seni Teater yang Kreatif, Inovatif dan Eduktif sesuai dengan azas misi serta tujuan Unit Kegiatan Mahasiswa Teater “GABUNG” UNIVERSITAS SINGAPERBANGSA KARAWANG.(bowo)
Motto
Aku menggapaimu dengan ikatan hingga kini aku dan dirimu menyatu dalam ikatan ini.


0 komentar:

Posting Komentar