Rabu, 06 Maret 2019

Keuntungan Mengikuti Seminar Nasional



Fakultas Hukum (FH) Universitas Singaperbangsa Karawang (Unsika), mengadakan Seminar Nasional "Pendidikan Pemilih Muda Demi Pemilu Berkualitas dalam Perspektif Hukum & Birokrasi" di Gedung Aula Unsika, Rabu (06/03/19). Seminar tersebut merupakan program kerja rutin Fakultas yang disesuaikan dengan penjurusan yang ada. Seminar Nasional kali ini berhubungan dengan salah satu penjurusan FH yaitu Hukum Tata Negara. Seminar nasional sendiri sering diadakan baik oleh pihak kampus maupun Organisasi Mahasiswa (Ormawa).

Seminar nasional memiliki beberapa keuntungan dibanding seminar umum biasa, hal itu pun dirasakan oleh Nuzli Ilham salah satu mahasiswa Fakultas Hukum yang menghadiri seminar tersebut.



"Kalau keuntunganya ada dalam persyaratan sidang, karena ada beberapa komponen yang harus dipenuhi. Salah satunya yaitu sertifikat seminar nasional tapi kalau untuk pribadi/kelompok keuntungan seminar nasional ya tadi cakupan/jangkauan materinya lebih luas." ujarnya. Hal yang sama dirasakan oleh Dina Wulanisma salah satu mahasiswa Fakultas Hukum semester 2, "Menurut saya sertifikatnya mungkin ya buat skripsikan soalnya kan syarat buat skripsi juga dan pembawa materi kualitasnya okelah." ujarnya, Dina pun menambahkan bahwa seminar kali ini cukup bagus dan menambah pengetahuan mengenai pemilu khusunya untuk dia yang merupakan pemilih baru. Pemateri untuk seminar nasional kali ini adalah Prof. Dr. Anna Erliyana, S.H., M.H guru besar Universitas Indonesia dan Dr. H. Idham Holik, SE.,M.Si Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat periode 2018-2023.

Mengenai seminar nasional, Adinesa salah satu Mahasiswa Fakultas Hukum Semester 6 memiliki pendapat lain, menurutnya seminar nasional maupun umum memiliki kapasitasnya masing-masing, "Semua ilmu harus diserap, mau penting mau nggak, mau seminar nasional/seminar biasa, kalau menurut saya penting sih. Yang saya liat lebih ke pematerinya, penambahan ilmu antara seminar nasional dengan seminar biasa memang agak beda, ada tahapannya lah." pungkasnya. (LM)

0 komentar:

Posting Komentar